Jumat, 28 Juli 2017

ISLAM AGAMA YANG SEMPURNA

Islam Agama yang Sempurna

Allah ta’ala berfirman:
 “Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku dan telah Aku ridhai Islam itu jadi agama bagimu.” (QS.Al Maidah : 3).
Allah ta’ala berfirman:
Sesungguhnya Al Qur’an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin  yang mengerjakan amal shalih  bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (QS.Al Isra : 9).
Allah ta’ala berfirman:
 “Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Qur’an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.” (QS.An Nahl : 89).
Dalam hadits shahih, Nabi r bersabda:
(( تَرَكْتُكُمْ عَلَى المَحَجَّةِ البَيْضَاءِ لَيْلُهَا كَنَهَارِهَا لاَ يَزِيْعُ عَنْهَا إِلاَّ هَالِكٌ ))
 “Aku tinggalkan kalian di atas jalan yang terang, malamnya bagaikan siang. Tidak ada yang menyimpang darinya kecuali binasa.”
Beliau juga bersabda:
(( تَرَكْتُ فِيْكُمْ مَا إِنْ تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا لَنْ تَضِلُّوْا أَبَداً كِتَابَ اللهِ وَسُنَّتِيْ ))
“Aku tinggalkan pada kalian (sesuatu) yang jika kalian berpegang teguh kepadanya maka kalian tidak akan sesat selamanya; kitabullah dan sunnahku.”
Pada ayat pertama Allah ta’ala memberitahukan bahwa Allah telah menyempurnakan bagi kaum muslimin agama Islam mereka. Sehingga tidak ada kekurangan didalamnya selamanya dan tidak membutuhkan tambahan selamanya. Ia senantiasa relevan untuk setiap zaman, tempat serta umat manusia. Allah mengabarkan bahwa Dia telah menyempurnakan nikmat-Nya kepada kaum muslimin dengan agama yang agung, sempurna nan penuh toleran, dan dengan risalah penutup rasul-rasul Muhammad shallallahu`alaihi wa sallam serta dengan keunggulan Islam berikut kemenangan pemeluknya atas orang yang memusuhi mereka. Allah mengabarkan bahwa Dia telah meridhai Islam sebagai agama bagi manusia. Sehingga Allah tidak akan memurkainya selamanya dan tidak akan menerima dari siapapun agama selain Islam selamanya.
Pada ayat kedua Allah ta’ala memberitahukan bahwa Al Qur’an yang agung merupakan manhaj (konsep hidup) yang sempurna didalamnya terdapat penjelasan yang benar lagi integral terhadap semua perkara agama dan dunia. Tidak ada di sana satu kebaikanpun melainkan Islam telah  menunjukkannya dan tidak ada satu keburukanpun melainkan Islam telah memberikan peringatan terhaadapnya. Segala persoalan dan perkara pelik yang dulu, sekarang maupun yang akan datang, maka solusinya yang benar lagi penuh adil telah ada di dalam Al Qur’an. Dan setiap solusi yang diberikan untuk suatu persoalan yang menyelisihi Al Qur’an maka itu merupakan tindakan bodoh lagi zalim.
Oleh karena itu ilmu, aqidah, politik, aturan hukum dan peradilan, ilmu psikologi, sosial, ekonomi, aturan pidana serta perkara lainnya yang dibutuhkan manusia. Semua itu telah Allah terangkan di dalam Al Qur’an dan melalui lisan Rasul-Nya Muhammad r dengan penjelasan yang begitu gamblang. sebagaimana hal itu telah Allah kabarkan pada ayat yang telah disebutkan tadi dimana Dia mengabarkan bahwa “Al Qur’an itu untuk menjelaskan segala sesuatu”.

Pada bab berikut ini akan dijelaskan secara rinci namun singkat tentang kesempurnaan agama Islam dan tentang konsep Islam yang integral, universal dan lurus.
Posting Komentar