LARANGAN BERANDAI-ANDAI DAN MELUPAKAN ALLAH

LARANGAN BERANDAI-ANDAI DAN MELUPAKAN ALLAH

الحديث الثامن والعشرون : النهي عن الاختيال ونسيان الله

عن أسماء بنت عميس الخثعمية رضي الله تعالى عنها قالت سمعت رسول الله صلى الله تعالى عليه وسلم يقول بئس العبد عبد تجبر واعتدى واختال ونسي الكبير المتعال بئس العبد عبد تجبر  واعتدى ونسي الجبار الأعلى بئس العبد عبد سها ونسي المقابر والبلى بئس العبد عتا وطغى ونسي المبدأ والمنتهى بئس العبد عبد يختار الدنيا بالدين بئس العبد عبد يحتال الدنيا بالشبهات بئس العبد عبد ذو طمع يقوده إلى النار بئس العبد عبد هوى يضله بئس العبد عبد رغب بذله عن الحق.

الخبر بتمامه (حكي) أن عمر بن عبد العزيز فى وقت خلا فته ارسل الصحابة إلى الروم لأجل الغزاة فانهزمت الصحابة وأسر عشرون نفرا من الصحابة وأمر قيصر الروم لو أحد منهم أن يدخل فى دينه ويعبد الصنم وقال إن دخلت فى ديني وسجدت للصنم أجعلك أميرا فى بلدة عظيمة وأعطيك العلم والخلع والكؤس والبوق وإن لم تدخل فى دينى أقتلك وأضرب عنقك فقال لاأبيع الدين بالدنيا فأمر بقتله فقتل فى الميدان وضرب عنقه بالسيف فدار  رأسه فى الميدان ثلا ث مرات وكان يقرأ هذه الآية “ياأيتها النفس المطمئنة ارجعى إلى ربك راضية مرضية فادخلي فى عبادي وادخلي جنتي” فغضب قيصر وأخذ الثاني وقال ادخل فى دينى أجعلك أميرا فى مصر كذا وإلا أقطع عنقك كما قطعت عنق صاحبك فقال لاأبيع الدين بالدنيا فإن كان لك ولاية قطع عنقى فليس لك ولاية قطع الإيمان فأمر بقطع رأسه فقطع ودار كرأس صاحبه.ثلاث مرات وكان يقرأ الرأس “فهو فى عيشة راضية في جنة عالية قطوفها دانية” وسكت فوقع عند رأس الأول فغضب قيصر غضبا شديدا وأمر أن يؤخذ الثالث وقال ماتقول أنت هل تدخل فى ديني وأجعلك أميرا فأدركته الشقاوة وقال دخلت فى دينك واخترت الدنيا على الآخرة فقال قيصر لوزيره اكتب له مثالا واعطه خلعا وكؤسا وعلما فقال وزيره ياملك كيف أعطيه بغير تجربة فقال الوزير قل له إن كنت صادقا فى كلامك فاقتل رجلا من أصحابك وتصدق كلامك فأخذ الملعون المخذول واحدا من أصحابه فقتله فأمر الملك الوزير أن يكتب المثال فقال الوزير للملك هذا ليس من العقل والفطنة أن تصدق كلامه وما رعى حق أخيه الذى ولد معه ونشأ فكيف يرعى حقنا فأمر بقتله فقتلوه وقطعوا رأسه ودار فى الميدان ثلاث مرات وكان يقرأ الراس “فمن حق عليه كلمة العذاب أفأنت تنقذ من فى النار ” وسكن فى طرف الميدان وماحضر عند الرأسين فصار إلى غذاب الله تعا لى ونعوذ بالله.

Dari Ikrimah, sahaya Ibnu Abbas ra. berkata, Rasulullah Saw. bersabda, “Pada hari kiamat Allah Swt. merahasiakan antara seorang manusia dengan manusia lainnya, lalu memberikan kitab kebaikan-kebaikan dan membacaya. Allah Swt. bertanya, “Apa yang kau lihat?”

Orang itu menjawab, “Aku melihat kebaikan-kebaikan yang banyak.”

Allah Swt. bertanya, “Apakah ada yang kurang sedikitpun daripadanya?” Orang itu menjawab, “Tidak.”

Kemudian Allah memberi kitab catatan dosa-dosa, lalu orang itu membacanya.

Allah Swt. bertanya, “Apa yang kau lihat?” Orang itu emnjawab, “Aku melihat dosa-dosa yang banyak.”

Allah Swt. bertanya, “Apa engkau mengenalinya?” Orang itu menjawab, “Ya.”

Allah Swt bertanya, “Apakah ditambahkan sesuatu kepadamu?” Orang itu menjawab, “Tidak.”

Kemudian Allah memberikan selembar catatan lagi, lalu orang itu membacanya.

Allah Swt. bertanya, “Apakah yang kau lihat?” Aku melihat kebaikan-kebaikan yang banyak.”

Allah Swt. bertanya, “Apa kau mengenalinya?” Orang itu menjawab, “Tidak.”

Allah swt. bertanya, “Ini adalah kebaikan yang berasal dari orang-orang yang berbuat aniaya kepadamu, mengganggu, serta mengambil tanpa apa sepengetahuanmu.”

Diceritakan, bahwa Ibrahim bin Adam mempunyai tujuh puluh dua orang hamba sahaya. Ketika ia bertobat dan kembali kepada Allah Swt., dibebaskanlah semua hambanya. Kemudian salah seorang di antara sahaya itu minum khamar dan berjumpa dengan Ibrahim serta berkata, “Hai Fulan, tunjukkan jalan ke rumahku.”

Ibrahim menjawab, “Baiklah.”

Ia tunjukkan ke suatu kuburan.

Tatkala orang yang mabuk itu melihat kuburan, ia memukul Ibrahim dengan keras dan berkata, “Aku katakan supaya kau tunjukkan rumahku, namun kau tunjukkan aku ke sebuah kuburan.”

Ibrahin berkata, “Hai tolol, hai orang yang kurang akal, rumah ini adalah yang sebenarnya, sedang rumah yang selain itu adalah kiasan saja.”

Orang itu memukul lagi dengan cambuk. Setiap kali memukul dengan cambuk, Ibrahim berkata, “Semoga Allah mengampunimu.”

Tatkala kedua orang itu dalam keadaan demikian, tiba-tiba datang seorang laki-laki dan berkata, “Hai Fulan, apa yang kau lakukan itu? Engkau memukul tuanmu yang telah membebaskanmu?”

Orang yang memukul itu tidak menyadari bahwa yang dipukul adalah tuannya. Ia bertanya, “Siapakah ini?”

Orang yang satu lagi menjawab, “Ini tuan yang telah membebaskanmu, Ibrahim bin Adam.”

Begitu mengetahui orang itu adalah orang yang membebaskannya, ia pun turun dari kuda dan minta maaf.”
Ibrahim berkata, “Kuterima alasan dan kumaafkan kesalahanmu.” Orang itu berkata, “Wahai tuanku, aku telah memukul dan mengganggumu, sedangkan setiap kali kupukul engkau mendoakan yang baik kepadaku dengan doa, “Semoga Allah mengampunimu.”

Ibrahim berkata, “Bagaimana aku tidak mendoakanmu dengan doa yang baik, sedang engkau menjadi bagiku untuk masuk surga, yakni pukulan dan gangguanmu kepadaku?”

Tidak ada komentar