8 Pintu surga


8 Pintu surga


Jumlah pintunya ada 8 buah. Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda,
فِي الْجَنَّةِ ثَمَانِيَةُ أَبْوَابٍ فِيهَا بَابٌ يُسَمَّى الرَّيَّانَ لَا يَدْخُلُهُ إِلَّا الصَّائِمُونَ
“Di Surga ada delapan pintu, di antaranya ada yang dinamakan pintu ar-Rayyan yang tidak akan memasukinya kecuali orang-orang yang berpuasa.” (HR.Muslim)
Pintu Surga memiliki nama sebagaimana sabda Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam, “Barangsiapa yang menginfaqkan dua jenis (berpasangan) dari hartanya di jalan Allah, maka dia akan dipanggil dari pintu-pintu Surga; (lalu dikatakan kepadanya): “Wahai hamba Allah, inilah kebaikan (dari apa yang kamu amalkan). Maka barangsiapa dari kalangan ahli shalat dia akan dipanggil dari pintu shalat, dan barangsiapa dari kalangan ahli jihad dia akan dipanggil dari pintu jihad, dan barangsiapa dari kalangan ahli shadaqah dia akan dipanggil dari pintu shodaqah, dan barangsiapa dari kalangan ahli shiyam (puasa) dia akan dipanggil dari pintu ar-Rayyan “. Lantas Abu Bakar bertanya; “Jika seseorang dipanggil dari satu pintu dari pintu-pintu yang ada, itu sebuah kepastian!”. Dia bertanya lagi; “Lantas apakah mungkin seseorang akan dipanggil dari pintu-pintu itu semuanya?”. Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam menjawab; “Benar, dan aku berharap kamu termasuk di antara mereka, wahai Abu Bakar’.” (HR. al-Bukhari-Muslim)
Kemudian pintu Surga tidak akan dibuka untuk siapapun sebelum Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wasallam masuk. Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda,
آتِي بَابَ الْجَنَّةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَأَسْتَفْتِحُ فَيَقُولُ الْخَازِنُ مَنْ أَنْتَ فَأَقُولُ مُحَمَّدٌ فَيَقُولُ بِكَ أُمِرْتُ لَا أَفْتَحُ لِأَحَدٍ قَبْلَكَ
“Saya mendatangi pintu Surga pada hari Kiamat, lalu saya meminta dibukakan. Lalu seorang penjaga (Malaikat) bertanya, ‘Siapa kamu? ‘ Maka aku menjawab, ‘Muhammad’. Lalu ia berkata, “Khusus untukmu, aku diperintahkan untuk tidak membukakan pintu untuk siapapun, sebelum kamu masuk.” (HR.Muslim).

Tidak ada komentar