Motivasi Dalam Mensucikan Hati Dari Sifat Dendam
Motivasi Dalam Mensucikan Hati Dari Sifat Dendam
عن عكرمة رضي الله تعالى عنه قال، سئل ابن عباس رضي الله تعالى عنهما عن قوله تعالى "ونزعنا ما في صدورهم من غل"، قال النبي عليه الصلاة والسلام : إذا كان يوم القيامة يؤتى بسرير من ياقوتة حمراء عشرين ميلا في عشرين ليس فيه صدع ولافصل معلق بقدرة الجبار جل جلاله فيجلس عليه أبو بكر الصديق رضي الله تعالى عنه
Dari Ikrimah ra berkata, Ibnu Abbas ra ditanya tentang firman Allah SWT : “dan Kami lenyapkan segala rasa dendam yang ada di dalam hati mereka” (al-Hijr : 47). Nabi SAW bersabda : Ketika hari kiamat maka didatangkanlah sebuah ranjang dari Yaqut berwarna merah yang panjangnya 20 mil, yang tidak ada padanya retakan, dan tidak ada penghubung / sambungan karena kekuasaan Allah yang Maha Jabbar dan Maha Agung, lalu Abu Bakar as-Shiddiq ra duduk di atasnya
ثم يؤتى بسرير من ياقوتة صفراء على صفة السرير الأول، فيجلس عليه عمر بن الخطاب رضي الله تعالى عنه ثم يؤتى بسرير من ياقوتة خضراء على صفة الأول، فيجلس عليه عثمان ابن عفان رضي الله تعالى عنه ثم يؤتى بسرير أبيض على صفة الأول، فيجلس عليه علي بن أبي طالب كرم الله وجهه
Kemudian didatangkan sebuah ranjang dari Yaqut berwarna kuning yang sifatnya seperti ranjang pertama tadi, lalu Umar bin Khattab ra duduk di atasnya. Kemudian didatangkan sebuah ranjang dari Yaqut berwarna hijau seperti sifat yang pertama, lalu Utsman bin Affan ra duduk di atasnya. Kemudian didatangkan ranjang berwarna putih seperti sifat pertama, lalu Ali bin Abi Thalib kw duduk di atasnya
ثم يأمر الله تعالى الاسرة أن تطير بهم في الهواء فطارت بهم الاسرة إلى تحت ظل عرش الله فتأتي عليهم خيمة من الدار الطيب لو جمعت أهل السموات والأرض السبع وكل ما فيهما من خلق الله تعالى لكانت في زواية من زوايا تلك الخيمة
Kemudian Allah SWT memerintahkan ranjang-ranjang tersebut untuk terbang di udara, lalu ia terbang ke bawah ‘Arsy Allah, lalu datang kepadanya sebuah kemah dari permata yang indah, seandainya penghuni tujuh lapis langit dan bumi dan seluruh makhluk Allah SWT dikumpulkan di dalamnya maka seluruhnya hanya hanya terdapat di sebuah sudut kemah tersebut
ثم يدفع إليهم أربع كأسات كأس لأبي بكر وكأس لعمر وكأس لعثمان وكأس لعلي رضوان الله تعالى عليهم أجمعين فيسقون الناس فذلك قوله تعالى : "ونزعنا ما في صدورهم من غل إخوانا على سرير متقابلين"
Kemudian diberikan kepadanya 4 gelas, satu gelas untuk Abu Bakar, satu gelas untuk Umar, satu gelas untuk Utsman, dan satu gelas untuk Ali ra, lalu mereka memberikan minum untuk manusia. Demikianlah firman Allah SWT : “Dan Kami lenyapkan segala rasa dendam yang ada di dalam hati mereka, mereka merasa bersaudara, dan duduk berhadap-hadapan di atas ranjang”
ثم يأمر الله تعالى جهنم أن تمخض بأمواجها وتقذف الروافض والكفار على وجوههم فيكشف الله عن أبصارهم ذلك الوقت فينظرون إلى منازل أصحاب محمد عليه الصلاة والسلام وأمته في الجنة ويقولون هؤلاء الذين سعد بهم الناس وشقينا ثم يردون إلى قعر جهنم ثم قال النبي عليه الصلاة والسلام لايبقى في النار من كان في قلبه مثقال حبة من خرذل من الإيمان إلا يخرج منها بشفاعتي
Kemudian Allah SWT memerintahkan neraka Jahannam untuk mengeluarkan ombaknya, dan dicampakkan kepada kaum yang menolak syari’at dan kaum Kafir pada wajah mereka, lalu Allah membuka mata mereka pada waktu itu, lalu mereka melihat kedudukan para sahabat Nabi Muhammad SAW dan umatnya di surga, maka mereka berkata : Mereka adalah orang yang bahagia, dan kami adalah orang yang celaka, kemudian mereka dikembalikan ke neraka Jahannam. Kemudian Nabi SAW bersabda : Tidak akan tersisa di dalam neraka orang yang di dalam hatinya terdapat sebiji keimanan, melainkan ia akan dikeluarkan dari neraka karena syafa’atku
قال الشيخ الإمام علاء الدين الزندوستي في روضة العلماء سمعت سعد بن محمد الاستروشني الفقيه الزاهد يروي عن الكلبي عن أبي صالح عن ابن عباس رضي الله تعالى عنه في قوله تعالى : "ربما يود الذين كفروا لو كانوا مسلمين"
as-Syaikh al-Imam ‘Alauddin az-Zandusti berkata di dalam Raudhah al-Ulama berkata, aku mendengar al-Faqih az-Zahid Sa’ad bin Muhammad al-Astarusyani meriwayatkan dari al-Kalbi dari Abi Shalih dari Ibnu Abbas ra pada firman Allah SWT : “Orang kafir itu kadang-kadang (nanti di akhirat) menginginkan, sekiranya mereka dahulu (di dunia) menjadi orang Muslim” (al-Hijr : 2)
وروي عن أبي موسى الأشعري رضي الله تعالى عنه عن النبي صلى الله تعالى عليه وسلم قال إذا اجتمع أهل النار في النار ومعهم من شاء الله من أهل القبلة قال الكافرون لمن في النار من أهل القبلة ألستم مسلمين، قالوا نعم، قالوا فما أغنى عنكم إسلامكم وأنتم معنا في النار، قالوا كانت لنا ذنوب فأخذنا بها فيغضب الله عز وجل لهم ويغفر بفضله ورحمته فيأمر بكل من كان من أهل القبلة في النار فيخرجون منها فحينئذ يود الذين كفروا لو كانوا مسلمين
Dan diriwayatkan dari Abu Musa al-Asy’ari ra dari Nabi SAW bersabda : Apabila ahli neraka berkumpul di dalam neraka dan bersama mereka orang yang atas kehendak Allah dari ahli kiblat (muslim), orang-orang Kafir berkata : Mengapa di dalam neraka ada orang ahli kiblat, bukankah engkau seorang muslim? Mereka (muslim) menjawab : Iya. Mereka (kafir) berkata : apakah Islam kalian tidak menolongmu sehingga kalian bersama kami di neraka. Lalu mereka (muslim) berkata : Kami memiliki dosa maka kami dihukum karena dosa tersebut, lalu Allah SWT murka kepada mereka (kafir), dan karena karunia dan rahmat-Nya maka Allah mengampuni mereka (muslim) dan memerintahkan seluruh ahli kiblat yang terdapat di dalam neraka untuk keluar, maka pada saat itu orang-orang kafir berangan-angan seandainya mereka dahulu (di dunia) menjadi orang muslim.
قال ابن عباس رضي الله تعالى عنهما يحشر طائفة من هذه الأمة على الصراط وذلك إن أول من يدخل الجنة ما خلا الأنبياء هذه الأمة وآخر من يدخل الجنة من هذه الأمة الذين وجبت عليهم النار والنبي عليه الصلاة والسلام ينظر يوم القيامة ويعرف أمته لأنهم كانوا غرا محجلين من أثر الوضوء فيعرفهم، فيقول يا جبريل ما بال أمتي محبوسين على الصراط، فيقول الله غيبوهم في أودية القيامة حتى يدخل محمد عليه الصلاة والسلام الجنة، فإذا نظر رسول الله إلى القيامة ظن أن أمته سيقوا إلى الجنة كلهم
Ibnu Abbas ra berkata, sekelompok dari umat ini dikumpulkan di atas Sirath, pada saat itu orang yang pertama masuk surga selain para Nabi adalah umat ini dan yang paling akhir orang yang masuk surga juga dari umat ini yang sebelumnya telah masuk neraka. Nabi SAW memandang pada hari kiamat dan beliau mengenali umatnya karena mereka terang bercahaya dari bekas air wudhunya, maka Nabi mengenali mereka. Lalu Nabi SAW berkata : Wahai Jibril, bagaimana keadaan umatku yang tertahan di atas Sirath, maka Allah SWT berkata singkirkanlah mereka jurang-jurang kiamat sehingga Nabi Muhammad SAW masuk ke dalam surga, ketika Rasulullah melihat kepada kiamat, beliau mengira bahwa umatnya telah digiring semuanya ke dalam surga
فإذا دخل رسول الله الجنة قال الله تعالى للزبانية سوقوهم وسلموهم إلى مالك فإذا رآهم مالك فقال يا معشر الأشقياء من أنتم ومن أي أمة أنتم لقد ظننت أن لا يبقى ممن يدخل النار أحد وكل أمة أتت فهم مقيدون مغللون بالسلاسل ومقرنون مع الشياطين يسحبون على وجوههم مسودة الوجوه مزرقة العيون فلا أرى في أرجلكم الانكال وعلى أيديكم الأغلال ولا أرى وجوهكم مسودة ولا أعينكم مزرقة تمشون على أرجلكم فمن أي أمة أنتم قالوا لاتسألنا يا مالك فانا نستحي أن نخبرك ولكن نحن من حملة القرآن ونحن من صوام شهر رمضان ونحن الحجاج والغزاة ونحن المؤدون الزكاة ونحن المكرمون الأيتام ونحن المغتسلون من الجنابة ونحن المصلون الصلوات الخمس فيقول يا معشر الأشقياء أما منعكم القرآن من معاصي الله تعالى حتى لم تقعوا فيما وقعتم فيه
Ketika Rasulullah telah masuk ke dalam surga, maka Allah SWT berkata kepada malaikat Zabaniyah : Giringlah mereka dan selamatkanlah mereka dari malaikat Malik, ketika malaikat Malik melihat mereka, maka malaikat Malik berkata : Wahai orang-orang yang celaka, siapa kalian? Dari umat siapa kalian? Aku mengira bahwa tidak ada seorang pun yang tersisa di dalam neraka, dan setiap umat akan datang dan mereka diikat, terbelenggu dengan rantai, dan bergandengan dengan syetan, mereka diseret atas wajah mereka, wajahnya hitam, matanya membiru, maka aku tidak melihat pada kaki kalian ada rantai, di tangan kalian ada belenggu, wajah kalian hitam, mata kalian membiru, kalian berjalan dengan kaki, dari umat siapa kalian? Mereka menjawab : Jangan tanyakan kami wahai malaikat Malik, karena kami malu untuk mengabarkan kepadamu, kami ini adalah orang-orang yang menghapalkan Alquran, kami berpuasa di bulan Ramadhan, kami haji dan perang, kami menunaikan zakat, kami memuliakan anak yatim, kami mandi janabah, kami shalat 5 waktu, maka malaikat Malik berkata : Wahai orang-orang yang celaka, apakah Alquran tidak mencegah kalian dari bermaksiat kepada Allah SWT sehingga engkau tidak terjerumus kepada perkara ini
قالوا يا مالك لاتوبخنا فانا الآن نحن نجونا من توبيخ الله تعالى وملائكته فبينما هم كذلك إذ نادى مناد من قبل العرش يا مالك ادخلهم الباب الأعلى من النار. فيقول مالك يا معشر الأشقياء، أسمعتم الكلام وفهمتم المقال؟ فيقولون نعم، لكن يا مالك أمهلنا ساعة ننوح على أنفسنا. فيقول مالك ما إلى ذلك سبيل، فيأتيهم نداء من قبل العرش يا مالك أمهلهم يبكون على أنفسهم فيتميزون أصنافا حملة القرآن على حدة والحجاج على حدة والغزاة على حدة والنساء على حدة ثم ينوحون على أنفسهم يقولون كيف نصبر على النار ولم نكن نصبر على حر الشمس فكيف نصبر على لباس الطقران وانا اعتدنا لين الثياب وكيف نصبر على أكل الزقوم وشرب الحميم وكنا اعتدنا طيب الطعام وبارد الشراب
Mereka berkata : Wahai malaikat Malik, janganlah engkau mengejek kami, karena kami sekarang ingin selamat dari ejekan Allah SWT dan para malaikat-Nya, maka pada saat itu ada panggilan dari arah ‘arsy : Wahai malaikat Malik, masukkanlah mereka ke pintu tertinggi dari neraka, maka malaikat Malik berkata : Wahai orang-orang yang celaka, apakah kalian mendengar dan memahami perkataan tersebut? Mereka menjawab : Iya, akan tetapi wahai malaikat Malik, tangguhkanlah kepada kami sedikit waktu agar kami dapat meratapi diri kami. Maka malaikat Malik berkata : Tidak ada waktu untuk itu, maka datanglah seruan dari arah ‘arsy : Wahai malaikat Malik, tangguhkanlah mereka agar mereka dapat menangisi diri mereka dan mereka terpisah menjadi beberapa bagian, yaitu orang yang menghapalkan Alquran sendiri, orang yang haji sendiri, orang yang perang sendiri, para wanita sendiri, kemudian mereka meratapi diri mereka seraya berkata : Bagaimana kami dapat sabar atas neraka sedangkan kami tidak dapat sabar dari panasnya matahari, bagaimana kami dapat sabar atas pakaian timah sedangkan kami biasa memakai pakaian yang lembut, dan bagaimana kami dapat sabar untuk memakan buah Zaqqum dan meminum Hamim (air panas) sedangkan kami biasa makanan yang enak dan minuman yang dingin
فبينما هم ينوحون إذ أتاهم النداء من قبل العرش يا مالك ادخلهم الباب الأعلى من النار فيقول يا معشر الأشقياء أسمعتم الكلام وفهمتم المقال فيقولون نعم يا مالك، فيقول مالك من أي أمة أنتم فيقولون انا نستحي أن نقول فيسوقهم مالك فيجعل المشايخ أمامهم والشبان من ورائهم والنساء من خلفهم حتى أتوا شفير جهنم فيخرج إليهم ملائكة غلاظ شداد خلقوا بلا قلوب فلا يرحمون بها ويتعلق بكل إنسان منهم ألف من الزبانية فيدخلون بهم النار
Ketika mereka sedang meratap maka datanglah kepada mereka seruan dari arah ‘arsy : Wahai malaikat Malik, masukkanlah mereka ke dalam pintu neraka yang paling tinggi, maka malaikat Malik berkata : Wahai orang-orang yang celaka, apakah kalian dengar dan paham perkataan tersebut? Mereka menjawab : Iya wahai malaikat Malik. Lalu malaikat Malik berkata : Kalian dari umat siapa? Mereka menjawab : Kami malu untuk menjawab, maka malaikat Malik menggiring mereka, orang yang tua di depan mereka, anak muda di belakang orang tua, dan perempuan di belakang anak muda, sehingga mereka sampai di tepi neraka Jahannam, lalu keluar malaikat yang kasar dan keras yang diciptakan tanpa hati dan tidak ada rasa kasih sayang, setiap manusia bergantung kepadanya seribu malaikat Zabaniyyah, lalu mereka masuk ke dalam neraka
منهم من تأخذه النار إلى كعبه ومنهم من تأخذه النار إلى ركبته ومنهم من تأخذه إلى وسطه ومنهم من تأخذه النار إلى صدره وإذا قصدت النار أن تحرق وجوههم وقلوبهم أقبل النداء من قبل العرش يا مالك اهبط النار عن وجوههم وقلوبهم فإنهم طالما أقروا لي بلسانهم وعرفوني بقلوبهم وطالما سجدوا لي في الحياة الدنيا بوجوههم
Diantara mereka orang yang masuk neraka sampai kedua mata kaki, dan diantara mereka sampai lututnya, diantara mereka sampai pusatnya, dan diatara mereka sampai dadanya, dan ketika neraka ingin membakar wajah dan hati mereka, maka datangnya seuran dari arah ‘arsy : Wahai malaikat Malik, jatuhkanlah api neraka dari wajah dan hati mereka, karena mereka telah lama membenarkanku dengan lisan mereka, dan mereka telah mengenaliku dengan hati mereka, dan mereka telah memperpanjang sujud kepadaku pada kehidupan di dunia dengan wajah mereka
وإذا سمعوا النداء يرفعون أصواتهم جميعا يا محمداه يا أبا القاسماه يا محمد يا محسنا بالأرامل والأيتام يا فخر القيامة يا فاتح الأمم يا فاتح أبواب الجنة يا مغلق أبواب النيران عن أمتك يا شفيع الأمم نحن ضعفاء أمتك لا صبر لنا في حر النار اغثنا بشفاعتك إلى الجنان
Ketika mereka mendengar seruan, mereka mengangkat suara mereka semuanya : Wahai Muhammadku, Wahai Abu al-Qasim, Wahai Muhammad, Wahai orang yang berbuat baik kepada para janda dan anak yatim, Wahai orang yang mulia pada hari kiamat, Wahai pembuka umat, Wahai pembuka pintu surga, Wahai penutup pintu neraka dari umatmu, Wahai pemberi syafa’at kepada umat, kami adalah umatmu yang lemah, kami tidak sabar atas panasnya api neraka, tolonglah kami dengan syafa’atmu ke dalam surga
ويضع أحدهم يديه على أذنيه كالمؤذن وينادي بأعلى صوته نحن من أمة محمد فيتوجه مالك إلى الجنان فيضع فمه إلى محمد وهو يتنعم في الجنة ويقول يا محمد إنك تتنعم في الجنة وأمتك الضعفاء يستغيثونك فاغثهم فإنهم ضعفاء لا صبر لهم على النار
Diantara mereka ada yang meletakkan kedua tangannya pada telinga seperti seorang muadzin, lalu dia menyeru dengan suara yang keras, kami dari umat Muhammad. Maka malaikat Malik menghadap ke surga dan meletakkan mulutnya kepada Nabi Muhammad yang sedang mendapatkan kenikmatan di dalam surga. Malaikat Malik berkata : Wahai Muhammad, sesungguhnya engkau menikmati surga sedangkan umatmu yang lemah mereka meminta pertolongan kepadamu, maka tolonglah mereka karena mereka lemah, mereka tidak sabar atas siksa neraka
وإذا انتهى الخبر إلى محمد عليه السلام وثب من سريره وركب على البراق فقال يا براق عجل عجل فإن أمتي ضعفاء لايصبرون على حر النار فرفع قدمه ووضعه عند شفير جهنم فإذا سمع عليه الصلاة والسلام أصواتهم بكى النبي عليه الصلاة والسلام وبكوا فيقول يا مالك اخرج أمتي من النار
Ketika kabar tersebut telah selesai disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW, maka beliau lompat dari ranjangnya dan langsung mengendarai Buraq, seraya berkata : Wahai Buraq, cepatlah, cepatlah, karena umatku yang lemah mereka tidak kuat dengan panasnya api neraka, lalu beliau mengangkat telapak tangannya dan meletakkannya di tepi neraka Jahannam. Ketika Nabi SAW mendengar suara mereka, Nabi SAW menangis, dan mereka pun juga menangis. Nabi berkata : Wahai malaikat Malik, keluarkanlah umatku dari neraka
فيقول يا محمداه ما لي إلى إخراجهم من سبيل ما لم أؤمر فيتجه محمد عليه الصلاة والسلام إلى ساق العرش فينزل عن البراق ويخر ساجدا ويقول عليه الصلاة والسلام يا رب هكذا وعدتني أن لا تحرق أمتي في النار قال الله تعالى يا محمد قد كانوا أنسوك وتركوا شريعتك في الدنيا وأنا انسيهم اليوم شفاعتك عليهم فاشفع الآن فيشفعه الله فيشفع في جميعهم ويخرجهم من النار بشفاعته ويبقى الكفار فيها فعند ذلك يقولون يا ليتنا كنا مسلمين فاخرجنا كما أخرجوا، قال ابن عباس رضي الله عنهما ربما يود الذين كفروا لو كانوا مسلمين
Malaikat Malik berkata : Wahai Muhammad, aku tidak memiliki jalan untuk mengeluarkan mereka selagi tidak ada perintah, lalu Nabi Muhammad SAW menghadap ke ‘arsy, dan turun dari Buraq, beliau tersungkur bersujud dan berkata : Wahai Allah inikah janjimu untuk tidak membakar umatku di dalam neraka. Allah SWT berkata : Wahai Muhammad, sungguh mereka telah melupakanmu, mereka telah meninggalkan syari’atmu di dunia, maka Aku pun melupakan mereka pada hari ini syafa’atmu kepada mereka, maka sekarang berikanlah syafa’at, maka Nabi Muhammad menerima syafa’at Allah, dan beliau memberikan syafa’at kepada mereka semua, dan mengeluarkan mereka dari neraka dengan syafa’atnya. Sedangkan orang-orang Kafir kekal di dalam neraka. Pada saat itu mereka (orang-orang Kafir) berkata : Seandainya kami dahulu menjadi muslim, maka kami akan dikeluarkan seperti mereka dikeluarkan. Ibnu Abbas ra berkata : “Orang kafir itu kadang-kadang (nanti di akhirat) menginginkan, sekiranya mereka dahulu (di dunia) menjadi orang Muslim” (al-Hijr : 2)
Post a Comment