TENTANG MANUSIA DI AKHIR ZAMAN

TENTANG MANUSIA DI AKHIR ZAMAN


عن ابن عباس رضي الله عنهما أنه قال، قال رسول الله صلى الله تعالى عليه وسلم يخرج في آخر الزمان أقوام وجوههم وجوه الآدميين وقلوبهم قلوب الشياطين 

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra. ia berkata, Rasulullah Saw. bersabda, “Pada akhir zaman akan muncul golongan-golongan yang berwajah manusia, namun berhati setan.”

وأمثالهم كأمثال الذئاب الضواري ليس في قلوبهم شيء من الرحمة سفاكون للدماء لايرغبون عن القبيح إن شايعتهم قربوك وإن توانيت عنهم اغتابوك وإن أمنتهم خانوك 

“Mereka seperti serigala buas yang hatinya tidak memiliki belas kasihan sedikit pun. Suka menumpahkan darah dan tidak suka menjauhi yang buruk. Jika engkau mengikuti, mereka akan mendekatimu. Jika engkau menjauhi, mereka akan mengumpatmu. Jika engkau memberi amanat, mereka akan mengkhianatimu.”

صبيانهم غارمون وشبانهم شاطرون وشيوخهم فاجرون لايأمرون بالمعروف ولاينهون عن المنكر والإعتزاز بهم ذل وطلب مافي أيديهم فقر

“Pemuda-pemuda mereka ugal-ugalan dan para orangtuanya suka berbuat maksiat, tidak menyuruh berbuat kebaikan dan tidak melarang berbuat kemungkaran. Membanggakan mereka adalah suatu kehinaan dan meminta sesuatu dari mereka adalah kemiskinan.”

الحكم فيهم بدعة والبدعة فيهم سنة فعند ذلك يسلط الله عليهم شرارهم ثم يدعو خيارهم فلايستجاب لهم دعاء قال الشيخ مسلم العباد إني فدم علينا صالح المرى وعبد الواحد بن زيد وعتبة الغلام وسلمة الأسود فنزلوا على الساحل 

“Hukum di kalangan mereka adalah bid’ah dan bid’ah di kalangan mereka adalah sunah. Sehingga ketika Allah memberikan kuasa kepada orang-orang jahat dari mereka, kemudian orang-orang baik dari mereka berdoa, maka tidak diterima doanya.” Berkata Asy-Syekh Muslim Al-Abadani, “Shaleh Al-Muro, Abdul Wahid bin Zaid. Atabah Al-Ghulam, dan Salamah Al-Aswad datang kepada kami lalu pergi ke pantai."

فهيأت لهم ذات ليلة طعاما ودعوتهم إليه فجاؤا فلما بلغوا وطعت الطعام بين أيديهم فإذا قائل يقول وهو على الساحل رافعا صوته ويلكم شغلكم عن دار الخلود مطاعم ولذة نفس هما غير نافع فصاح عتبة صيحة فسقط مغشيا عليه وبكى القوم ورفعنا الطعام فما ذاقوا منه لقمة 

Pada suatu malam, kusiapkan makanan dan kuundang, mereka untuk datang. Ketika datang, dan kuletakkan makanan di hadapan mereka, tiba-tiba terdengar suara keras di tepi pantai, “Awaslah kalian, makanan dan kelezatan telah melalaikan kalian dari tempat yang kekal (akhirat). Keduanya tidak berguna.” Berteriaklah Atabah terus jatuh pingsan dan menangislah orang-orang, lalu kami angkat makanan itu dan tidak kami makan sesuap pun.

قال معاذ بن جبل رضي الله تعالى عنه قال رسول الله صلى الله تعالى عليه وسلم سيأتي على الناس زمان يخلقون فيه سنتي ويجددون البدعة 

Mu`az bin Jabal berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Akan datang suatu zaman di mana orang akan menganggap sunahku sudah asing dan memperbaharui bid’ah."

فمن اتبع سنتي يومئذ صار غريبا وبقي وحيدا ومن اتبع بدعة الناس وجد خمسين صاحبا أو أكثر 

“Barangsiapa mengikuti sunahku pada waktu itu, ia menjadi asing dan tinggal seorang diri. Barangsiapa mengikuti bid’ah ia akan mendapatkan lima puluh orang teman atau lebih.”

قالت أصحاب رسول الله هل بعدنا أحد يكون أفضل منا قال نعم 

Para sahabat bertanya, “Apakah ada sesudah kami orang yang lebih utama daripada kami?” Nabi Saw. menjawab, “Ada.”

قالوا فهل يرونك قال النبي عليه الصلاة والسلام لا قالوا فهل ينزل عليهم الوحي قال لا قالوا كيف يكونون 

Para sahabat bertanya, “Apakah mereka melihatmu?” Nabi Saw. menjawab, “Tidak.”

Para sahabat bertanya, “Apakah turun wahyu kepada mereka.” Nabi Saw. menjawab, “Tidak.”

Para sahabat bertanya, “Bagaimana mereka itu?”

قال كالملح في الماء تذوب قلوبهم كما يذوب الملح في الماء فقالوا كيف يعيشون في ذلك الزمان قال كالدود في الخل 

Nabi Saw. menjawab, “Seperti garam di dalam air, hati mereka meleleh seperti garam daalam air.”

Para sahabat bertanya, “Bagaimana mereka hidup di zaman itu?”

Nabi Saw. menjawab, “Seperti ular dalam cuka.”

قالوا يارسول الله كيف يحفظون دينهم قال كالجمر في اليدين إن وضعته طفئ وإن أخذته باليد أحرق.

Para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, bagaimana mereka menjaga agama?”

Nabi Saw. menjawab, “Seperti bara api di tangan, jika engkau letakkan ia akan padam, jika engkau ambil dengan tangan ia akan membakar.”

Tidak ada komentar