Budak yang Dimerdekakan Suatu Kaum Bagian dari Mereka

Budak yang Dimerdekakan Suatu Kaum Bagian dari Mereka 

55/75. Dari Rifa'ah bin Rafi',
٥٥/٧٥  -أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِعُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ:  اِجْمضعْ لِي قَوْمَكَ. فَجَمَعَهُمْ، فَلَمَّا حَضَرُوْا بَابَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَخَلَ عَلَيْهِ عُمَرَ فَقَالَ: قَدْ جَمَعْتُ لَكَ قَوْمِي، فَسَمِعَ ذَلِكَ اْلأَنْصَارُ فَقَالُوْا: قَدْ نَزَلَ فِي قُرَيْشٍ الوَحْيُ فَجَاءَ الْمُسْتَمِعُ وَالنَّاظِرُ مَا يُقَالُ لَهُمْ، فَخَرَجَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَامَ بَيْنَ أَظْهُرِهِمْ فَقَالُ: هَلْ فِيْكُمْ مِنْ غَيْرِكُمْ؟ قَالوُا: نَعَمْ فِيْنَا حَلِيفُنَا وَبْنُ اُخْتِنَاوَمَوَالِيْنَا، قَالَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: حَلِيْفُنَا مِنَّا وَبْنُ اُخْتِنَا مِنَّا وَمَوَالِيْنَا مِنَّا وَأَنْتُمْ تَسْمَعُوْنَ: إِنَّ أَوْلِيَائِي مِنْكُمُ الْمُتَّقُوْنَ فَإِنْ كُنْتُمْ أُولَئِكَ فَذَاكَ، وَإِلاَّ فَانْظُرُوْا لاَ يُأْتِى النَّاسُ بِاْلأَعْمَالِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَتَأْتُوْنَ بِاْلأثْقَالِ، فَيُعْرِضُ عَنْكُمْ.
 ثُمَّ نَادَى فَقَالَ: يَا أَيُّهَا النَّاسُ- وَرَفَعَ يَدَهُ يَضَعُهَا عَلَى رُؤُوْسِ قُرَيْشٍ- أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّ قُرَيْشًا أَهْلُ أَمَانَةٍ، مَنْ بَغَى بِهِمْ، قَالَ زُهَيْرٌ: أَظُنُّهُ، قَالَ: الْعَوَاثِرُ كَبَّهَ اللهُ لِمُنْخَرِيْهِ يَقُوْلُ ذَلِكَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ   

Bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda kepada Umar radhiallahu 'anhu, "Kumpulkan kaummu untukku." Lalu Umar mengumpulkan mereka. Tatkala mereka hadir (berada) di pintu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, Umar masuk kepadanya lalu berkata, "Aku telah mengumpulkan kaumku untukmu." Kemudian kaum Anshar mendengar perkataan itu dan mereka berkata, "Telah turun wahyu tentang kaum Quraisy." Lalu datanglah orang yang ingin mendengarkan dan yang ingin melihat apa yang akan dikatakan kepada mereka. Keluarlah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam lalu berdiri di tengah-tengah mereka dan bersabda, "Apakah ada di antara kalian orang-orang selain kalian?" Mereka menjawab, "Ya, di antara kami terdapat sekutu kami, anak laki-laki saudari perempuan kami dan budak-budak kami yang kami merdekakan," Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Sekutu kita termasuk bagian dari kita, anak laki-laki saudari perempuan kita termasuk dari kita, budak-budak yang kita merdekakan termasuk dari kita, dan kalian telah mendengar, 'Sesungguhnya kekasih-kekasih-Ku dari kalian adalah orang-orang yang bertakwa.' Jika kalian seperti itu, maka itulah kalian. Jika tidak maka lihatlah, manusia pada hari kiamat tidak akan datang dengan membawa amal-amalnya dan kalian membawa yang berat-berat (dosa-dosa), kemudian ditimpahkan kepada kalian."
Lalu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menyeru dan berkata, "Wahai manusia! -dia mengangkat tangannya dan diletakkan di atas kepala-kepala orang Quraisy-, wahai sekalian manusia!, sesungguhnya kaum Quraisy itu ahli amanah. Barang siapa berlaku zhalim terhadap mereka -Zuhair berkata, "Aku kira Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata, "Al 'Awatsir (tempat yang kasar)- mudah-mudahan Allah membalikkan hidungnya (doa untuk kejelekan)." Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengucapkannya tiga kali.

Hasan, di dalam kitab Ash-Shahihah (1688) dan Adh-Dha'ifah (1716).


Tidak ada komentar