Kasih Sayang Yang Teraniaya

images/index_r1_c1.gif
 
 
Kasih Sayang Yang Teraniaya
 
Rasullah SAW pernah bercerita,  “ ada seorang wanita di siksa didalam api neraka disebabkan oleh seekor kucing. Kucing yang mati karena disekap dan tidak diberi makan dan juga tidak dilepas agar mencari makan sendiri”. Wanita itu tidak membunuh akan tetapi ia telah menghalangi Si kucing untuk mencari makan sendiri. Sekelumit makna kasih sayang yang dilalaikan ternyata  menghantar seseorang masuk api kedalam neraka. Pada kesempatan yang berbeda Rasulullah juga mengingatkan "jangan engkau meremehkan dosa sekecil apapun, barangkali dosa itulah yang akan menghantarkanmu ke dalam neraka". Sahabatku, kisah yang tersebut adalah kisah seorang wanita dengan kucing, tetapi perjalanan dan kisah hidup tentu saja tidak  terbatas hanya pada seorang wanita dan seekor kucing . Kitapun punya banyak perjalanan kisah hidup   dalam mengarungi bahtera kehidupan ini. Dan kita tidak sendiri, bukan hanya dengan seekor kucing akan tetapi kita dengan beragam makhluk Allah SWT. Dan banyak dari kita ternyata tidak hanya sekelas wanita penyebab matinya  si kucing dalam kemampuan menganiaya.

Kita bisa sebagai Si Kaya yang tidak peduli dengan kehidupan Si Fakir hingga ia mati kelaparan, sementara dirumah kita banyak makanan yang terbuang.
Kita bisa sebagai Dokter, Perawat atau Pelayan kesehatan Rumah Sakit yang ogah-ogahan memberi pertolongan dan tindakan emergency kepada pasien yang  tidak bisa memberi jawaban disaat ditanya siapa yang menanggung biayanya atau karena orang tersebut tidak beridentitas.


Kita juga bisa menjadi orang yang hanya melihat diri dan hawa nafsu saja yang layak untuk di hargai hingga begitu mudah menipu sesama tanpa pernah merasakan hal itu sebagai kesalahan , yang terpenting hal tersebut menguntungkan diri dan hawa nafsu kita.
Sahabatku, Kasih sayang adalah  kalimat yang amat indah, hanya yang disayangkan, keindahan itu sering disembunyikan lalu dianiaya dibalik sebuah Yayasan atau Program peduli sosisial dan kasih sayang. Dan memang  Program dan Yayasan kasih sayang adalah medan aniaya yang sungguh sangat menjanjikan.
Seorang yang sedang merasakan sakit, amat mudah untuk kita aniaya. Nilai kesehatan baginya adalah segala-galanya hingga ia tidak berfikir lagi berapa uang yang harus ia bayarkan demi kesehatannya. Seorang ibu yang melihat anaknya merintih akan siap membayar berapa saja asal anaknya bisa segera berhenti merintih. Anak-anak fakir-miskin dan yatim piatu yang hidup dibawah naungan sebuah lembaga sosial mempunyai daya tarik tersendiri bagi para peduli anak yatim dan fakir miskin. Hingga lembaga semacam ini amat mudah mendapatkan  bantuan dari sana-sini.
Akan tetapi tempat yang mengundang kasih dan sayang itu juga bisa menjadi lahan yang amat subur untuk aniaya. Ada yang memanfaatkan keberadaan anak yatim dan fakir miskin hanya sebagai umpan penggalangan dana pribadi. Pribadi yang tidak takut bahwa Allah SWT akan menyiksa  kepada siapapun yang aniaya . Ini hanyalah sekedar contoh sebuah program kasih sayang bisa berubah menjadi  medan pemusnah kasih sayang. Dan yang terjadi dilapangan lebih banyak dari yang sekedar dijadikan contoh.
Allah SWT mengingatkan agar kita senantiasa menjaga diri kita terlebih dahulu sebelum orang lain dari terjerumus dalam penganiayaan. Disaat penganiayaan terus terjadi baik terselubung ataupun terang-terangan, maka marilah kita sebagai orang yang beriman kita harus berfikir dan berusaha untuk melawan penganiayaan ini dengan berusaha agar kita tidak menjadi pelakunya!
Sahabtku, Pernahkah kita cermati perlakuan kita kepada seorang yang lemah, sakit dan tertindas. Senyum yang tertebar di wajah seorang dokter saat berpapasan dengan pasien dan yang mendampinginya adalah obat luka hati yang dicekam kepanikan. Selembar uang yang terulurkan kepada Si Fakir yang merintih menahan lapar atau sakit adalah penyejuk jiwa yang tertekan oleh suasana yang menyelimutinya selama ini.
Maka dari itu, jika kita yang tengah berkuasa marilah kita lihat rakyat kita  dengan hati. Jika kita para Hartawan marilah kita lihat para fakir itu dengan hati. Jika kita para Dokter dan Pelayan kesehatan marilah kita lihat para pasien dengan hati. Jika kita para Ustadz dan Pembimbing, marilah kita lihat umat ini dengan hati. Jangan sampai kita  melihat mereka dengan rumus keberuntungan di dunia yang hanya akan menjadikan kita terjerumus kepada "aniaya" yang memusnahkan "kasih sayang".
Sadarilah bahwa kitapun bisa sakit, fakir dan terjepit. Sadarilah bahwa keberuntungan yang sesunggahnya adalah kelak disaat kita mengahadap Allah SWT ! Semoga Allah SWT memberikan kepada kita kesadaran dan keinsyafan.
Wallahu a'lam bisshowab.
 
images/index_r1_c1.gif

Tidak ada komentar