Tidak Tergesa-gesa dalam Melaksanakan Sesuatu – 1

Tidak Tergesa-gesa dalam Melaksanakan Sesuatu –

454/584. Asyaj Abdul Qais berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda.

إن فيك لخلقين يحبهما الله قلت وما هما يا رسول الله قال الحلم والحياء قلت قديما كان أو حديثا قال قديما قلت الحمد لله الذي جبلني على خلقين أحبهما الله

'Sesungguhnya pada dirimu terdapat dua akhlak yang dicintai Allah.'" Saya berkata, "Apa kedua akhlak itu wahai Rasulullah?" Rasulullah menjawab, "Murah hati dan rasa malu". Saya berkata, "Sudah sejak lama atau baru?" Rasulullah menjawab, "Sudhn sejak lama" Saya berkata, "Segala puji bagi Allah yang telah mengokohkan saya dengan dua akhlak yang dicintai-Nya."

Shahih, di dalam kitab Azh-Zhilal (1/84/190). [Tidak tercantum dalam Kutubus-Sittah].

455/585. Qatadah berkata.

حدثنا من لقى الوفد الذين قدموا على النبي صلى الله عليه وسلم من عبد القيس وذكر قتادة أبا نضرة عن أبى سعيد الخدري قال قال النبي صلى الله عليه وسلم لأشج عبد القيس  :  إن فيك لخصلتين يحبهما الله الحلم والأناة

"Orang yang bertemu dengan rombongan yang mendatangi Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dari Abdul Qais –Qatadah menyebutkan Abu Nadhrah- meriwayatkan hadits kepada saya dari Abu Sa'id Al Khudri berkata, 'Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda kepada Asyajj bin Al Qais, " Sesungguhnya pada dirimu terdapat dua sifat yang dicintai Allah, yaitu murah hati dan sabar.'"

Shahih, di dalam kitab Azh-Zhilal, Al Misykah (2/625/5054/ pentahqiqan yang kedua). [Muslim, 1- Kitab Al Iman, hadits 26].

456/586.  Dari Ibnu Abbas berkata, "Rasulullah shallallahu  'alaihi wasallam bersabda kepada Asyajj Abdul Qais,

إن فيك لخصلتين يحبهما الله الحلم والأناة
'Sesungguhnya pada dirimu terdapat dua sifat yang dicintai Allah, yaitu, murah hati dan sabar.'"

Shahih, di dalam kitab Az-Zhilal juga. [Muslim, 1- Kitab Al Iman, hadits 25].


1     Bab ini merupakan pengulangan bab sebelumnya dalam naskah asli, demikian juga dalam naskah pensyarah. Barang kali itu berasal dari penasakh.

Tidak ada komentar