Selasa, 04 Oktober 2016

Keutamaan Dua Ayat Terakhir Surat al-Baqarah

Keutamaan Dua Ayat Terakhir Surat al-Baqarah

عَنْ أَبِيْ مَسْعُوْدٍ, قَالَ: قَالَ النَّبيِّ : "مَنْ قَرَأَ بِالْآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ البَقَرَةِ فِي لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ".
( صحيحالبخاري, رقمالحديث 5009, وصحيحمسلم, رقمالحديث 256 - (808), واللفظللبخاري.)

Dari Abu Mas'ud ra berkata : Rasulullah saw bersabda : " Barangsiapa membaca dua ayat terakhir surat al-Baqarah pada malam hari maka akan mencukupinya ".
( Shahih Bukhari no.5009 dan Shahih Muslim no. 256 (808)).

Perawi hadits        :
Abu Mas'ud adalah Uqbah bin Amru Al-Anshari tseorang sahabat yang mulia . Ia termasuk yang ikut dalam bai'at Aqabah ke dua, dan saat itu ia paling kecil. Ia juga ikut berperang pada perang Uhud dan peperangan lain setelahnya semuanya bersama Rasulullah saw . Kemudian ia tinggal di Kufah dan membangun rumah di sana. Ia digantikan oleh Ali ketika pergi ke perang Shiffin. Musnadnya mencapai 102 hadits. Ia meninggal di Madinah pada tahun 41 H. adapula riwayat yang mengatakan selain itu.


Beberapa faedah hadits ini adalah :
1)      Membaca dua ayat ini setiap malam merupakan sebab kebahagiaan serta terjaga dari segala keburukan dan kesulitan.
2)      Membaca dua ayat ini akan menjadikan seorang muslim semakin yakin kepada Allah SWT.
3)      Hendaknya seorang muslim menghafal dua ayat ini, yaitu :

" Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami taat". (Mereka berdoa): "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir". ( QS. Al-Baqarah : 285-286 ).
*****
Poskan Komentar