Selasa, 04 Oktober 2016

Keutamaan Memperhatikan dan Menyebarkan Sunnah Nabi saw

Keutamaan Memperhatikan dan Menyebarkan Sunnah Nabi saw

عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ, عَنِ النَّبيِّ قَالَ: "نضَّرَاللهُ امْرَأً, سَمِعَ مِنَّاحَدِيْثاً؛فَبَلَّغَهُ؛فَرُبَّ مُبَلَّغٍ أَحْفَظُ مِنْ سَامِعٍ".

(سنن ابن ماجه, رقم الحديث 232, وجامع الترمذي, رقم الحديث 2657, واللفظ لابن ماجه, قَالَ الإمام الترمذي عن هذا الحديث: حسن صحيح, وصححه الألباني).
Dari Abdullah bin Mas'ud ra dari Nabi saw bersabda : " Semoga Allah memberikan cahaya kepada seseorang yang mendengar sebuah hadits dari kami kemudian ia menyampaikannya, betapa banyak orang yang menyampaikan lebih hafal dari yang mendengar ".

( Sunan Ibnu Majah No. 232 dan Jami' Tirmizdi no.2657. Ini riwayat Ibnu Majah. Menurut Imam Tirmidzi hadits ini hasan shahih dan dishahihkan oleh al-Albani ).

Perawi hadits                :                                                                                                                                                             
Abdullah bin Mas'ud ra adalah salah seorang ahli ilmu dikalangan sahabat yang terkenal. Ia dikenal dengan bacaan Al-Qur'annya dari para sahabat yang lain. Musnadnya mencapai 848 hadits. Telah berperang bersama Rasulullah saw dalam semua peperangan. Kemudian ikut berperang dalam perang Yarmuk di Syam sepeninggal Rasulullahr. Umar ra mengutusnya ke Kufah untuk mengajarkan Ilmu agama. Dan Utsman bin affan ra menjadikannya Amir Kufah, lalu memerintahkannya untuk kembali ke Madinah. Ia meninggal di Madinah tahun 32 H. pada usia 60 tahun lebih.

Beberapa faedah hadits ini adalah :
1)      Maksud hadits ini yaitu: Bahwa Allah swt akan memberikan rezeki kedudukan yang tinggi di dunia dan akhirat kepada siapa saja yang menaruh perhatian dengan menyebarkan sunnah Nabi yang terpercaya, kemudian Allah swt akan menghiasi dan menyampaikan ia kepada kesenangan yang penuh dengan kenikmatan di Surga.
2)      Hadits ini mengandung do'a Rasulullah bagi siapa saja yang memperhatikan hadits-hadits beliau dengan ikhlas dan amanah serta teliti agar diberikan kesenangan yang penuh nikmat di Surga.
3)      Hadits ini menganjurkan agar menyebarkan sunnah Nabi yang terpercaya dengan berbagai sarana dan cara-cara yang disyariatkan serta berpengaruh.
*****
Poskan Komentar